TUGAS AKHIR
SEPULL TESTER, DAN KIPROK TESTER,
PADA MOTOR HONDA SUPRA
Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan
Program Diploma 3
Oleh :
Nama : SODIQ RAHMADI
NIM : 15/860/MSN/143
PROGRAM STUDI DIPLOMA 3 TEKNIK MESIN
AKADEMI TEKNIK PIRI
2016
HALAMAN PENGESAHAN
Tugas
akhir ini diajukan oleh:
Nama : SODIQ RAHMADI
NIM : 15/860/MSN/143
Program
Studi : Diploma 3 Teknik Mesin Otomotif
Judul : SEPULL TESTER, DAN KIPROK TESTER, PADA MOTOR
HONDA SUPRA
Panitia Ujian
Pembimbing 1,
Penguji Utama :
NIP.197811052005011001 NIP.195905111984031002
Ditetapkan di YOGYAKARTA
Tanggal :
Mengesahkan,
Direktur ATEKPI
NIP. 196602151991021001
ABSTRAK
SODIQ RAHMADI 2016. SEPULL TESTER, DAN KIPROK TESTER Pada Sepeda Motor HONDA SUPRA. laporan Tugas
Akhir. Teknik Mesin D3. Akademi Teknik PIRI. Seiring semakin pesatnya kemajuan
teknologi jaman sekarang khususnya pada bidang otomotif, mendorong manusia untuk
selalu berfikir lebih keras guna mempelajari lebih jauh tentang
komponen-komponen pada mesin, salah satunya yaitu sistem pengisian pada Sepeda Motor Honda Supra . Penulisan
laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi cara kerja pengisian pada
engine supra, serta menjelaskan prinsip kerja dan cara kerja, dan juga dapat
melakukan analisis ganguan atau Troublehooting yang terjadi pada kedua komponen
yang kita uji, yaitu Sepull dan Kiprok. Kedua komponen ini merupakan sebuah
sistem elektronika, Sepull sendiri terdiri dari beberapa lilitan yang berfungsi
untuk menghasilkn tegangan arus listrik, maupun tegangan, dan kiprok berfungsi
sebagai alat penyearah arus dan sebagai alat untuk menentukan jumlah arus yang
keluar menuju batrai (pengisian)
MOTTO DAN PERS EMBAHAN
MOTTO
HIDUP HANYA SEKALI
BERGUNALAH UNTUK ORANG LAIN HARI INI DAN ESOK
PERSEMBAHAN
1. Kedua orang tuaku tercinta ,.
2. Kakak – kakakku yang selalu mendukungku.
3. Almamater dan teman seperjuangan D3 Teknik Mesin ATEKPI
2013.
4. Keluarga besar CB. INDONESIA.
5. Keluarga Besar Pencinta Alam
6. Keluarga Besar Perguruan IKSPI
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT karena dengan pentolonganNYA penulis dapat menyelesaikan
laporan Tugas Akhir ini yang berjudul “Sepull Tester, Dan Kiprok Tester pada
motor Honda Supra”. Laporan tugas akhir ini selesai tidak lepas dari bantuan,
saran dandukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini
penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Bapak Direktur
AKADEMI TEKNIK PIRI
2.
Bapak Bambang
Sudarsono S.Pd., M.Pd.T
3.
Bapak Untung
Basuki S.Pd.T., M.Pd.
4.
Semua pihak yang
tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan maupun
dukungan moral.
Penulis menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak
yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan naskah isi
laporan tugas akhir ini. Semoga segala dorongan, bantuan, bimbingan dan
pengorbanan yang telah diberikan dari berbagai pihak di dalam penulisan laporan
ini mendapat balasan yang lebih dari Allah SWT
yogyakarta, 25 mei 2016
Penulis
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I
1.1. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
seiring semakin pesatnya kemajuan
teknologi jaman sekarang khusunya pada bidang Otomotif. Tingkat kebutuhan
konsumen juga semakin banyak. Dan semakin membutuhkan alat-alat yang sesuai
dengan perkembangan Teknologi. Bertujuan untuk keselamatan, kenyamanan, dan
mempermudah dalam bekerja, bayak kebutuhan para mekanik, industri, bahkan
pengendara yang belum terpenuhi kebutuhanya dalam menggunakan transportasi
kendaraan. Sepeda motor merupakan
kendaraan roda dua yang membutuhkan perawatan agar kondisinya tetap dalam
keadaan baik. perawatan secara rutin pada komponen-komponennya agar kinerja
mesin lebih optimal. Pada kenyataanya dijumpai beberapa masalah tentang sistem
pengisian, Bahkan banyak mekanik yang tidak bisa menggunakan alat ukur
tersebut, misalnya: Alat ukur voll meter atau multi tester. Biasanya mekanik
masih menggunakan cara lama utuk mengetahui arus yang di hasilkan oleh sepul
dengan cara mengonsletkan ke masa, dan melihat percikan yang di hasilkan,
sebenarnya itu sangat berbahaya karna dapat merusak komponen komponen
elektronik yang berada di sebuah kendaraan.
Sistem kelistrikan pengisian pada sepeda
motor merupakan bagian yang penting karena sistem ini menyediakan arus listrik
untuk keperluan pembakaran dan untuk menggerakkan sistem transmisi sepeda
motor.
Ditinjau dari penggunaan arus
listriknya, sistem kelistrikan sepeda motor dapat dibagi menjadi :
a. Sistem
pembangkit listrik/ pengapian
c. Sistem
penerangan
d. Sistem
Klakson
e. Sistem
Tanda Lambu Rem
f. Sistem
Lampu Tanda belok
Sistem Pengisian adalah sistem yang
berfungsi paling penting pada kendaraan sepeda motor untuk mengisi kembali arus
dalam batrai yang telah di gunakan untuk kebutuhan kendaraan. Misalnya seperti Sistem
stater, Sistem pengapian, Sistem
penerangan, Sistem Klakson, Sistem Tanda Lambu Rem, Sistem Lampu Tanda belok,
dan acesoris lainya. Penyelesaian sebuah masalah pengisian dimana pencarian
sumber masalah dilakukan secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat
diselesaikan. Trouble pada kiprok,dan sepull kadang-kadang merupakan proses
penghilangan masalah, dan juga proses penghilangan penyebab potensial dari
sebuah masalah. Karena terjadinya suatu proses kerja pengisian mesin yang
optimal diperlukan pula sistem yang sesuai dengan kinerja sebuah pengisian
dalam suatu kendaraan.
1.2 IDENTIFIKASI MASALAH
2.
Membutuhkan alat
alat yang sesuai dengan perkembangan Teknologi Otomotif
3.
Kenyamanan , dan
kesehatan penting untuk di pertimbangkan dalam pekerjaan
4.
Masih banyak
mekanik yang belum mengetahui cara mengukur pengisian yang baik. Kebanyakan
masih menebak kondisi pengisian dalam suatu sistem pengisian tidak
membuktikanya secara langsung
1.3 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang yang
dikemukakan diatas, maka penulis mengambil permasalahan untuk proyek akhir ini
sebgai berikut :
1. Bagaimana prinsip kerja sistem pengisian pada
sepeda motor Honda Supra.
2. Bagaimana cara mendeteksi jika terjadi indikasi
kerusakan atau masalah sistem pengisian pada sepeda motor Honda Supra.
3. Bagaimana cara mengatasi permasalahan –
permasalahan tersebut serta
kerusakan yang tejadi pada sistem pengisian pada sepeda
motor Honda Supra
4. kurangnya media pembelajaran tentang pengisian
dalam dunia pendidikan.
1.4 BATASAN MASALAH
Agar penulisan tugas akhir ini tidak
menyimpang dan mengambang dari tujuan
semula direncanakan, sehingga mempermudah mendapatkan data dan informasi yang
di butuhkan. Maka di tetapkan batasan-batasan sebagai berikut
1.
Pengindetifikasi
masalah hanya pada motor honda supra dan sekelasnya
2.
Hanya membahas
sistem pengisian pada motor supra
1.5 TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam
pembuattan alat sepul tester dan kiprok tester oleh penulis pada penulisan
tugas akhir ini.
yaitu :
1.
Agar dapat
mengetahui prinsip kerja sistem sistem pengisian pada sepeda motor Honda Supra
2.
Agar dapat
menjelaskan cara mendeteksi masalah yang terjadi pada sistem pengisian pada
sepeda motor Honda Supra
3.
Agar dapat
menjelaskan cara mengatasi masalah yang terjadi pada sistem pengisian pada
sepeda motor Honda Supra
1.6 MANFAAT PENELITIAN
Manfaat yang ingin dicapai oleh penulis
pada penulisan tugas akhir dalam Sepull tester, dan kiprok tester pada sepeda
motor Honda Supra.
1. Dapat mengerti dan memahami
komponen–komponen serta prinsip kerja
di masing-masing komponen sepull pengisian, dan
kiprok penyearah arus.
2. Dapat dijadikan bahan masukan serta pembelajaran
mengenai sistem pengisian pada
sepeda motor Honda Supra
3. Dapat dijadikan panduan saat mengidentifikasi
gangguan yang terjadi dan
dapat memahami bagaimana cara mengatasinya sesuai
prosedur yang baik
dan benar.
4. Menambah wawasan penulis tentang sistem pengisian
pada sepeda motor Honda Supra
5 Sepull Testeer dan Kiprok Tester dapat dijadikan
sebagai media pembelajaran
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 LANDASAN TEORY
2.1.1 Pengertian Sepull Tester, dan kiprok tester
Sepull Tester adalah
alat yang berfungsi untuk mengetahui kerusakan pada Sepull dengan cara
menunjukan hasil kerja sistem pengisian yang sesuai dengn kebutuhan sebuah
kendaraan.
Kiprok tester adalah
alat yang berfungsi untuk mengetahui kerusakan pada kiprok dengan mengitung
arus yg keluar dari kiprok dan di sesuaikan dengan kebutuhan sebuah kendaraan
Sepull tester dan
kiprok tester yang saya ingin kerjakan akan saling berhubungan berhubungan
dengan hasil yang sama yaitu minimal hasil pengukuran 12vollt maksimal 14vollt
jika arus yang di uji lebih besar dari standar pengisian bisa di pastikan
kerusakan pada kiprok jika hasil pengukuran lebih kecil kemungkinan terjadi
kerusakan pada sistem kumparan pada sepul.
2.1.2 Komponen yang di butuhkan dalam sistem pengisian antara lain:
1.
Kiprok
2.
Sepull
3.
Magnet
4.
Sepull case
5.
Poros Putaran
dari mesin
6.
Sekring
7.
Kabel penghubung
8.
Soket kabel
2.1.3 Pengertian kiprok
Kiprok adalah sebuah sestem
kelistrikan yang berfungsi sebagai penyearah arus yang di hasilkan oleh spull,
dan juga sebagai pengatur arus pengisian pada batrai untuk membatasi arus yang
masuk kedalam batrai pada kelistrikan sepeda motor 12-15 Volt.
1 gambar kiprok
2.1.4 Penertian sepull
Sepull/alternator adalah
sebuah kumparan yang berfungsi sebagai pembangkit listrik yang di gunakan utuk
pengisian, penerangan dan pengapian.
2 gambar sepull
2.1.5 Pengertian magnet
Magnet adalah sebuah besi yang
mempunyai gaya tarik menarik antara partikel berbentuk lingkaran seperti
mangkuk yang berfungsi sebagai pengumpul patikel yang nantinya akan di serap
oleh kumparan sepull
3 gambar magnet
2.1.6 Pengertian sepull case
Sepull case adalah
rumah sepull yang berfungsi sebagai tempat menempelnya sepull dalam sebuah
sistem
4 gambar sepull case
2.1.7 Pengertian poros putaran mesin
Poros putaran mesin
berfungsi sebagai penggerak magnet agar dapat memutar agar sistem pengisian
berjalan
2.1.8 Pengertian sekring
Sekring adalah sebuah
alat pengaman arus yang berfungsi sebagai saklar pemutus jika arus yang
mengalir melebihi kapasitas
5 gambar sekring
2.1.9 Pengertian kabel penghubung
Kabel penghubung adalah
sebuah alat yangberfungsi sebagai penyalur arus listrik yang di hasilkan oleh
sebuah sistem pengisian.
6 gambar kabel
2.1.10 Pengertian Soket kabel
Soket kabel adalah
sebuah alat yang berfungsi sebagai alat sabungan antara kedua kabel yang
terputus. Dengan tujuan karna sabungan kabel tersebut tidak di buat permanen.
7 gambar soket
Hampir setiap kendaraan
memiliki penyearah untuk mengisi kembali daya arus pada batrai. Yang nantinya
akan di simpan oleh batrai dan akan di gunakan sebagai sumber arus dari
penerangan, pengapian, dan starter.
2.2 HASIL PENELITIAN
Sepull alternator
menghasilkan arus listrik kemudian arus yang di hasilkan oleh sepull di
searahkan oleh kiprok dari arus ac menjadi arus dc kemudian di alirkan ke
batrai sebagai pengisian , pengapian, dan kelistrikan lainya
2.2.1 RANGKAIAN PENGISIAN
8 gambar rangkaian pengisian
2.2.2 Ciri – ciri kerusakan pada kiprok
Ciri -ciri kiprok pada
sepeda motor adalah lemahnya pada pengisian batrai dan lampu motor akan
mengalami keredupan walau dalam RPM tingggi. Kiprok rusak jika hasil uji
tegangan sangat tinggi yang masuk ke dalam batrai bahkan bisa mencapai 19 volt
atau lebih.
2.2.3 Langkah Pengujian Kiprok
cara untuk mengetahui
kerusakan kiprok adalah meng ukur arus yang keluar dari kiprok menggunakan
Multi tester pada saat mesin hidup, atau menggunakan kiprok tester. Saat pada
RPM tinggi maka kinerja kiiprok yang baik akan menghasilkan arus pengisian di
bawah 14 volt di atas 12 volt. Dan saaat RPM rendah Pengisian minimal 12 volt
2.2.4 pengujian dalam RPM rendah
No
|
Nama komponen
|
Hasil
pengukuran pengisian
|
keterangan
|
1
|
KIPROK A
|
4,3 volt
|
Kiprok rusak
|
2
|
KIPROK B
|
12,8
|
Kiprok baik
|
3
|
KIPROK C
|
17,2
|
Kiprok
rusak
|
1 tabel
pengujian kiprok dalam RPM rendah
2.2.4 Pengujian dalam RPM tinggi
No
|
Nama komponen
|
Hasil
pengukuran pengisian
|
keterangan
|
1
|
KIPROK A
|
8 volt
|
Kiprok rusak
|
2
|
KIPROK B
|
13,8
|
Kiprok baik
|
3
|
KIPROK C
|
22,6
|
Kiprok rusak
|
2 tabel
pengujian kiprok dalam RPM tinggi
2.2.5 Ciri – ciri kerusakan pada sepull
Kerusakan sepul bisa di
lihat secara visual dengan cara melihat langsung kondisi fisik dari sebuah
lilitan kumparan pada komponen sepull itu sendiri. Biasanya jika mengalami
kerusakan akan terjadi hangus terbakar pada kumparan tersebut. Dan juga bisa
kita lihat dari alat sepull tester yang akan saya buat. Dengan mengukur arus
liatrik yang di hasilkan oleh sistem pengisian. Jika kiprok bagus dan hasil
pengisian tidak mencapai arus yang tepat sesuai dengan kinerja mesin bisa di
pastika sepull yang saya ujikan mengalami kerusakan.
2.2.5 Hasil uji sepull menggunakan sepull tester
No
|
Nama sepull
yang di ujikan
|
Hasil
pengukuran
|
keterangan
|
1.
|
Sepull A
|
12.7 volt
|
Sepull baik
|
2.
|
Sepull B
|
0.73 volt
|
Sepull rusak
|
3
|
Sepul C
|
Tidak stabil
|
Sepul rusak
|
3 tabel
pengujian sepull
BAB III
3.1 METODE PENELITIAN
3.1.1 BAHAN YANG DI BUTUHKAN DALAM PEMBUATAN SEPULL TESTER DAN KIPROK TESTER
9 gambar rancangan
·
Sepull
·
Kiprok
·
Magnet
·
Rumah sepull
·
Rancangan bentuk
alat tester
·
Motor penggerak
·
Saklar untuk
menghidupkan motor
·
Konektor ke
listrik
·
Kabel
·
Volt meter (
indikator pengukuran
3.1.2 ALAT YANG DI BUTUHKAN UNTUK PROSES PEMBUATAN
·
Mesin las
listrik
·
Plat besi
·
Besi jari – jari
sebagai penyangga rangka
·
Mur, dan baut
·
Bur tangan
·
Gerinda
·
Ampals
·
Cat
·
Bearing
·
Dan ragum
3.2 Metodologi penelitian
3.2.1 Waktu penelitian
Penelitian ini
sudah di lakukan sejak lamayang di mulai pada tanggal 20 mei 2016.
3.2.2 Tempat penelitian
Penelitian di laksanakan di kampus AKADEMI TEKNIK
PIRI, SMK PIRI SLEMAN, SMK 1 BACIRO SELEMAN YOGYAKARTA, Bengkel Ultra Tune UGM,
BLPT, DAN bengkel PANDU JAYA MOBIL
3.2.3 Subyek penelitian
Mesin honda supra tahun 2006 dan sejenisya yang
memiliki sistem pengisian yang sama misalnya green, dan revo lama.
3.2.4 Sumber data
Sumber data berkaitan dengan subyek dan pengalaman
saya dalam menggunakan kendaraan honda. Bebrapa kali mengalami kerusakan pada
sistemm pengisian dan menggalami kesulitan dalam pengerjaanya karna semua
komponen berpengaruh
3.2.5 Teknik pengumpulan data
Observai observasi dalam tugas
akhir ini saya langsung terjun membuktikan sendiri menggunakan alat ukur multi
tester, dan pengamatan ke dunia kerja( bengkel) dann melakukan wawancara kepada
mekanik kendaraan sepeda motor honda.
No comments:
Post a Comment