TUGAS
AKHIR
CONTACT PRESURIZED
AIR
MEMANFAATKAN UDARA
BUANG SEPEDA MOTOR
UNTUK MENGISI
TEKANAN BAN
Disusun untuk
Memenuhi Salah Satu Persyaratan Program Diploma 3
Oleh :
Nama : SODIQ RAHMADI
NIM : 15/860/MSN/143
PROGRAM STUDI
DIPLOMA 3 TEKNIK MESIN
AKADEMI TEKNIK PIRI
2016
Tugas akhir ini diajukan oleh:
Nama
: SODIQ RAHMADI
NIM
: 15/860/MSN/143
Program Studi : Diploma 3 Teknik Mesin
Otomotif
Judul : CONTACT PRESURIZED AIR
MEMANFAATKAN
UDARA BUANG SEPEDA MOTOR
UNTUK
MENGISI TEKANAN BAN
Panitia Ujian
Pembimbing 1,
Penguji Utama :
NIP. NIP.
Ditetapkan di
YOGYAKARTA
Tanggal :
Mengesahkan,
Direktur ATEKPI
NIP.
SODIQ
RAHMADI 2016. CONTACT PRESURIZED AIR memanfaatkan
udara buang sepeda motor untuk mengisi ulang tekanan ban sepeda motor. laporan
Tugas Akhir. Teknik Mesin D3. Akademi Teknik PIRI. Seiring berkembangnya
teknologi banyak pabrikan-pabrikan otomotif memproduksi kendaraan yang berguna
untuk membantuk aktifitas, pabrikan tersebut seperti: honda, yamaha, suzuki,
toyota, daihatsu, nissan, mazda, dan sebagainya. Dan menghasilkan kendaraan
motor dan mobil serta alat-alat lainnya. Semua pabrikan menawarkan hasil
terbaiknya sehinga setiap manusia tertarik untuk menggunaknnya bahkan sudah
ketergantungan alat transportasi pribadi ini. Namun dari segi penggunaan
kendaraan tersebut membutuhkan perawatan yang rutin agar dapat di gunakan
secara baik dan tidak terjadi kerusakan pada sebuah kendaraan pribadi, yang
akan membahayakan pengendara saat kendaraan di hidupkan. Salah satunya mengenai
perawatan tekanan ban sepeda motor sebelum di gunakan. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan
untuk mengidentifikasi masalah tentang tekanan ban pada sepeda motor, dan menangani
banyak pengendara motor yang sering lupa untuk memastikan bannya dalam kondisi
baik, mempermudah pekerjaan perawatan ban, menjelaskan komponen-komponen
contact presurized air, menjelaskan langkah kerja contact presurized air,
menjelaskan cara merawat, dan menjelaskan prinsip kerja contact presurized air.
HIDUP HANYA SEKALI
BERGUNALAH UNTUK
ORANG LAIN HARI INI DAN ESOK
1. Kedua orang tuaku
tercinta ,.
2. kakakku yang
selalu mendukungku.
3. Almamater dan
teman seperjuangan D3 Teknik Mesin ATEKPI 2013.
4. Keluarga besar
CB. INDONESIA.
5. Keluarga Besar
Pencinta Alam
6. Keluarga Besar
Perguruan hero of kungfu IKSPI Kera
Sakti
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan pentolonganNYA
penulis dapat menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini yang berjudul “Contact Presurized
air Memanfaatkan Udara Buang Sepeda Motor Mengisi Tekanan Ban”. Laporan tugas
akhir ini selesai tidak lepas dari bantuan, saran dandukungan dari berbagai
pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima
kasih kepada:
- Bapak Direktur AKADEMI TEKNIK PIRI
- Bapak Bambang Sudarsono S.Pd., M.Pd.T
- Bapak Untung Basuki S.Pd.T., M.Pd.
- Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan maupun dukungan moral.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik
dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi
kesempurnaan naskah isi laporan tugas akhir ini. Semoga segala dorongan,
bantuan, bimbingan dan pengorbanan yang telah diberikan dari berbagai pihak di
dalam penulisan laporan ini mendapat balasan yang lebih dari Allah SWT
23, oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
BAB I
Seiring
semakin pesatnya kemajuan teknologi khusunya pada bidang Otomotif. Tingkat
kebutuhan konsumen juga semakin banyak. Dan semakin membutuhkan alat-alat yang
sesuai dengan perkembangan Teknologi. Bertujuan untuk keselamatan, kenyamanan,
dan mempermudah dalam bekerja, bayak kebutuhan para mekanik, industri, bahkan
pengendara yang belum terpenuhi kebutuhanya dalam menggunakan transportasi
kendaraan. Sepeda motor merupakan kendaraan roda dua yang membutuhkan perawatan
agar kondisinya tetap dalam keadaan baik. perawatan secara rutin pada
komponen-komponennya agar kinerja mesin lebih optimal. Salah satunya perawatan
tekanan ban, Pada kenyataanya dijumpai beberapa masalah tentang kurangnya
tekanan ban, hal ini dapat mengakibatkan banyak faktor yang akan membahayakan
pengendara motor. Para pengendara sepeda motor sering lupa untuk memastikan
kondisi ban dalam kondisi baik, di karnakan oleh beberapa faktor seberti ,
tidak sempat, tidak mempunyai alat pompa harus ke tempat pengisian tekannan
udara , sibuk, lelah memompa dengan pompa manual, dan sebagainya..
Sistem pengisian
tekanan pada ban sepeda motor merupakan bagian yang harus di utamakan karena keselamatan
pengendara lebih penting dari segalanya, dalam hal ini terdapat beberapa faktor
yang mempengaruhi tekanan ban bekurang..
Ditinjau
dari faktor-faktor yang menyebabkan tekanan ban berkurang:
a.
terjadi kebocoran halus atau kecil pada bagian ban dalam.
b.
lemahnya pegas pada pentil ban
c.
lemahnya sil pada pentil ban
d.
kendaraan yang di diamkan terlalu lama
e.
akibat cuaca dingin
f.
tidak rapatnya ban dan pelek roda ( tubeless )
Contact Presurized air adalah
alat untuk mengisi kembali tekanan ban yang berkurang, cara kerja sistem ini
dengan cara meneruskan udara buang atau gas buang pada knalpot kemudian di
teruskan oleh Contact Presurized dan di masukan kedalam ban sepeda motor
melalui pentil ban.
Fungsi lain dari Contact Presurized air yaitu bisa
digunakan sebagai pengering, karna Contact Presurized air mengeluarkan tekanan
udara yang sedikit hangat, hanya saja udara bertekann ini berbau karna hasil
pembakaran bahan bakar.
Contact Presurized air Cocok
jika di gunakan sepagai pengering
contohnya seperti:
a. pengeringan dalam sistem pengecetan
karna dengan sifatnya yang panas mampu mengeringkan chat lebih cepat maupun
mengeringkan benda sebelum di cat.
b. Pengeringan hasil cetakan fiberglass,
karna setiap fiberglass selalu di jemur setelah di cetak agar fiberglass yang
kita bentuk dapat kering . alat Contact Presurized air ini alternatif saat
keadaan hujan
c. Sebagai pengering tempat hewan ternak
setelah di cuci agar kering lebih cepat bisa menggunakan Contact Presurized air
ini. Dan lain-lain
d. Juga sebagai alat bantu pemanas untuk
meluruskan plat yang sangat tipis pada kenteng maggic
Selain pengering Contact
Presurized air juga bisa di gunakan dalam pengecatan seprayy dengan
memanfaatkan udara buang kenalpot dengan syarat rpm harus tinggi dan stabil
sehingga hasil cat rata dan bagus.
IDENTIFIKASI
MASALAH
1.2.1
Banyak di temui pengguna
sepeda motor memiliki ban yang kekurangan tekanan di karnakan tidak mempunyai
pompa ban
1.2.2
Banyak kejadian yang tak
terduga saat tiba2 ban kekurangan tekanan sehingga pengendara harus jauh2
mendorong motorny sampai tempat tambal ban
1.2.3
Terlalu mahalnya alat pompa
ban elektrik dan mesin
1.2.4
Terlalu capek memompa ban
secara manual
1.2.5
Terlalu sulit
jika membawa pompa elektrik dan manual dalam kondisi berpergian
Berdasarkan
uraian latar belakang yang dikemukakan diatas, maka penulis mengambil
permasalahan untuk proyek akhir ini sebgai berikut :
1.3.1 Bagaimana prinsip kerja Contact Presurized air pada sepeda motor
1.3.2 Bagaimana cara kerja Contact Presurized air
1.3.3 Bagaimana cara menggunakan Contact Presurized air yang tepat
1.3.4 Apa saja sarat-sarat yang harus di penuhi agar tekanan yang di
hasilkan oleh Contact Presurized bagus.
Agar
penulisan tugas akhir ini tidak menyimpang
dan mengambang dari tujuan semula direncanakan, sehingga mempermudah
mendapatkan data dan informasi yang di butuhkan. Maka di tetapkan
batasan-batasan sebagai berikut
1.4.1
Pengindetifikasi masalah hanya tentang tekanan ban dan faktor-faktor
yang mempengaruhinya
1.4.2
Hanya membahas sistem Contact Presurized air yang akan di fokus kan ke dalam sistem
pengisian tekanan ban, dan sedikit manfaat lain dari Contact Presurized air.
1.5 TUJUAN PENELITIAN
Tujuan
yang ingin dicapai dalam pembuattan alat Contact Presurized air oleh penulis
pada penulisan tugas akhir ini.
yaitu :
1.5.1
Agar dapat mengetahui prinsip kerja Contact Presurized air.
1.5.2
Agar dapat menjelaskan cara menggunakan Contact Presurized air.
1.5.3
Agar dapat meringankan aktifitas warga merawat tekanan ban.
1.5.4
Agar dapat membimbing warga cara merawat Contact Presurized air.
Manfaat
yang ingin dicapai oleh penulis pada penulisan tugas akhir Contact Presurized
air adalah
1.6.1
Dapat dijadikan bahan masukan serta pembelajaran mengenai sistem pengisian tekanan
ban dari udara buang yang di teruskan oleh Contact Presurized .
1.6.2
Membantu kegiatan warga dalam merawat tekanan ban sepeda motor
1.6.3
Dapat mengerti dan memahami komponen–komponen serta prinsip kerja di
masing-masing komponen Contact Presurized air.
1.6.4
Menciptakan pompa ban yang mudah di gunakan, mudah di bawa, dan
terjangkau
1.6.5
Contact Presurized air dapat membantu aktifitas – aktifitas warga
selain memompa ban .
indonesia
ReplyDeletesambungan ny mana
ReplyDelete