Tuesday, November 20, 2018

CONTOH PROPOSAL TUGAS AKHIR D3 OTOMOTIF




TUGAS AKHIR
CONTACT PRESURIZED AIR
MEMANFAATKAN UDARA BUANG SEPEDA MOTOR
UNTUK MENGISI TEKANAN BAN
Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Program Diploma 3
Oleh :
Nama : SODIQ RAHMADI
NIM : 15/860/MSN/143

PROGRAM STUDI DIPLOMA 3 TEKNIK MESIN
AKADEMI TEKNIK PIRI
2016
Tugas akhir ini diajukan oleh:
Nama               : SODIQ RAHMADI
NIM                : 15/860/MSN/143
Program Studi : Diploma 3 Teknik Mesin Otomotif
Judul                : CONTACT PRESURIZED AIR
MEMANFAATKAN UDARA BUANG SEPEDA MOTOR
UNTUK MENGISI TEKANAN BAN
Panitia Ujian
Pembimbing  1,                                                           Penguji Utama :


NIP.                                                                            NIP.

Ditetapkan di YOGYAKARTA
Tanggal :
Mengesahkan,
Direktur ATEKPI


NIP.


SODIQ RAHMADI  2016. CONTACT PRESURIZED AIR memanfaatkan udara buang sepeda motor untuk mengisi ulang tekanan ban sepeda motor. laporan Tugas Akhir. Teknik Mesin D3. Akademi Teknik PIRI. Seiring berkembangnya teknologi banyak pabrikan-pabrikan otomotif memproduksi kendaraan yang berguna untuk membantuk aktifitas, pabrikan tersebut seperti: honda, yamaha, suzuki, toyota, daihatsu, nissan, mazda, dan sebagainya. Dan menghasilkan kendaraan motor dan mobil serta alat-alat lainnya. Semua pabrikan menawarkan hasil terbaiknya sehinga setiap manusia tertarik untuk menggunaknnya bahkan sudah ketergantungan alat transportasi pribadi ini. Namun dari segi penggunaan kendaraan tersebut membutuhkan perawatan yang rutin agar dapat di gunakan secara baik dan tidak terjadi kerusakan pada sebuah kendaraan pribadi, yang akan membahayakan pengendara saat kendaraan di hidupkan. Salah satunya mengenai perawatan tekanan ban sepeda motor sebelum di gunakan.  Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah tentang tekanan ban pada sepeda motor, dan menangani banyak pengendara motor yang sering lupa untuk memastikan bannya dalam kondisi baik, mempermudah pekerjaan perawatan ban, menjelaskan komponen-komponen contact presurized air, menjelaskan langkah kerja contact presurized air, menjelaskan cara merawat, dan menjelaskan prinsip kerja contact presurized air.
HIDUP HANYA SEKALI
BERGUNALAH UNTUK ORANG LAIN HARI INI DAN ESOK
1. Kedua orang tuaku tercinta ,.
2. kakakku yang selalu mendukungku.
3. Almamater dan teman seperjuangan D3 Teknik Mesin ATEKPI 2013.
4. Keluarga besar CB. INDONESIA.
5. Keluarga Besar Pencinta Alam
6. Keluarga Besar Perguruan hero of kungfu IKSPI  Kera Sakti
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan pentolonganNYA penulis dapat menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini yang berjudul “Contact Presurized air Memanfaatkan Udara Buang Sepeda Motor Mengisi Tekanan Ban”. Laporan tugas akhir ini selesai tidak lepas dari bantuan, saran dandukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada:
  1. Bapak Direktur AKADEMI TEKNIK PIRI
  2. Bapak Bambang Sudarsono S.Pd., M.Pd.T
  3. Bapak Untung Basuki S.Pd.T., M.Pd.
  4. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan maupun dukungan moral.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan naskah isi laporan tugas akhir ini. Semoga segala dorongan, bantuan, bimbingan dan pengorbanan yang telah diberikan dari berbagai pihak di dalam penulisan laporan ini mendapat balasan yang lebih dari Allah SWT


                                                                                             23, oktober 2016
Penulis


DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL


BAB I
Seiring semakin pesatnya kemajuan teknologi khusunya pada bidang Otomotif. Tingkat kebutuhan konsumen juga semakin banyak. Dan semakin membutuhkan alat-alat yang sesuai dengan perkembangan Teknologi. Bertujuan untuk keselamatan, kenyamanan, dan mempermudah dalam bekerja, bayak kebutuhan para mekanik, industri, bahkan pengendara yang belum terpenuhi kebutuhanya dalam menggunakan transportasi kendaraan. Sepeda motor merupakan kendaraan roda dua yang membutuhkan perawatan agar kondisinya tetap dalam keadaan baik. perawatan secara rutin pada komponen-komponennya agar kinerja mesin lebih optimal. Salah satunya perawatan tekanan ban, Pada kenyataanya dijumpai beberapa masalah tentang kurangnya tekanan ban, hal ini dapat mengakibatkan banyak faktor yang akan membahayakan pengendara motor. Para pengendara sepeda motor sering lupa untuk memastikan kondisi ban dalam kondisi baik, di karnakan oleh beberapa faktor seberti , tidak sempat, tidak mempunyai alat pompa harus ke tempat pengisian tekannan udara , sibuk, lelah memompa dengan pompa manual, dan sebagainya..
Sistem pengisian tekanan pada ban sepeda motor merupakan bagian yang harus di utamakan karena keselamatan pengendara lebih penting dari segalanya, dalam hal ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tekanan ban bekurang..
Ditinjau dari faktor-faktor yang menyebabkan tekanan ban berkurang:
a.                   terjadi kebocoran halus atau kecil pada bagian ban dalam.
b.                  lemahnya pegas pada pentil ban
c.                   lemahnya sil pada pentil ban
d.                  kendaraan yang di diamkan terlalu lama
e.                   akibat cuaca dingin
f.                   tidak rapatnya ban dan pelek roda ( tubeless )


Contact Presurized air adalah alat untuk mengisi kembali tekanan ban yang berkurang, cara kerja sistem ini dengan cara meneruskan udara buang atau gas buang pada knalpot kemudian di teruskan oleh Contact Presurized dan di masukan kedalam ban sepeda motor melalui pentil ban.
Fungsi lain dari Contact Presurized air yaitu bisa digunakan sebagai pengering, karna Contact Presurized air mengeluarkan tekanan udara yang sedikit hangat, hanya saja udara bertekann ini berbau karna hasil pembakaran bahan bakar.
Contact Presurized air Cocok jika di gunakan sepagai  pengering contohnya seperti:
a.       pengeringan dalam sistem pengecetan karna dengan sifatnya yang panas mampu mengeringkan chat lebih cepat maupun mengeringkan benda sebelum di cat.
b.      Pengeringan hasil cetakan fiberglass, karna setiap fiberglass selalu di jemur setelah di cetak agar fiberglass yang kita bentuk dapat kering . alat Contact Presurized air ini alternatif saat keadaan hujan
c.       Sebagai pengering tempat hewan ternak setelah di cuci agar kering lebih cepat bisa menggunakan Contact Presurized air ini. Dan lain-lain
d.      Juga sebagai alat bantu pemanas untuk meluruskan plat yang sangat tipis pada kenteng maggic
Selain pengering Contact Presurized air juga bisa di gunakan dalam pengecatan seprayy dengan memanfaatkan udara buang kenalpot dengan syarat rpm harus tinggi dan stabil sehingga hasil cat rata dan bagus.
IDENTIFIKASI MASALAH
1.2.1        Banyak di temui pengguna sepeda motor memiliki ban yang kekurangan tekanan di karnakan tidak mempunyai pompa ban
1.2.2        Banyak kejadian yang tak terduga saat tiba2 ban kekurangan tekanan sehingga pengendara harus jauh2 mendorong motorny sampai tempat tambal ban
1.2.3        Terlalu mahalnya alat pompa ban elektrik dan mesin
1.2.4        Terlalu capek memompa ban secara manual
1.2.5        Terlalu sulit jika membawa pompa elektrik dan manual dalam kondisi berpergian
Berdasarkan uraian latar belakang yang dikemukakan diatas, maka penulis mengambil permasalahan untuk proyek akhir ini sebgai berikut :
1.3.1 Bagaimana prinsip kerja Contact Presurized air pada sepeda motor
1.3.2 Bagaimana cara kerja Contact Presurized air
1.3.3 Bagaimana cara menggunakan Contact Presurized air yang tepat
1.3.4 Apa saja sarat-sarat yang harus di penuhi agar tekanan yang di hasilkan oleh Contact Presurized bagus.
Agar penulisan tugas akhir ini tidak menyimpang  dan mengambang dari tujuan semula direncanakan, sehingga mempermudah mendapatkan data dan informasi yang di butuhkan. Maka di tetapkan batasan-batasan sebagai berikut
1.4.1        Pengindetifikasi masalah hanya tentang tekanan ban dan faktor-faktor yang mempengaruhinya

1.5 TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuattan alat Contact Presurized air oleh penulis pada penulisan tugas akhir ini.
yaitu :
1.5.1        Agar dapat mengetahui prinsip kerja Contact Presurized air.
1.5.2        Agar dapat menjelaskan cara menggunakan  Contact Presurized air.
1.5.3        Agar dapat meringankan aktifitas warga merawat tekanan ban.
1.5.4        Agar dapat membimbing warga cara merawat  Contact Presurized air.

Manfaat yang ingin dicapai oleh penulis pada penulisan tugas akhir Contact Presurized air adalah
1.6.1        Dapat dijadikan bahan masukan serta pembelajaran mengenai sistem pengisian tekanan ban dari udara buang yang di teruskan oleh Contact Presurized .
1.6.2        Membantu kegiatan warga dalam merawat tekanan ban sepeda motor
1.6.3        Dapat mengerti dan memahami komponen–komponen serta prinsip kerja di masing-masing komponen Contact Presurized air.
1.6.4        Menciptakan pompa ban yang mudah di gunakan, mudah di bawa, dan terjangkau
1.6.5        Contact Presurized air dapat membantu aktifitas – aktifitas warga selain memompa ban .

2 comments:

SISTEM EFI

HAI KONCO KONCOKU  TAK KENAL MAKA TAK SAYANG  KIE KENALE inyong jenengE Sodiq Rahmadi saiki wes kenal urung nek iseh urung ...